banner 468x60

BUPATI KLATEN, SERAHKAN BANTUAN ALSINTAN UNTUK OPTIMALKAN SEKTOR PERTANIAN

 News
banner 468x60

 

Suarapamong.com Klaten– Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis, bantuan 19 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan 19 paket penunjang lainnya, kepada sejumlah perwakilan Kelompok Tani di Kabupaten Klaten, Selasa (16/11/2021), bertempat di Aula Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten.

Paket senilai 5,282 miliar rupiah tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian serta Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui Ketua DPR RI Puan Maharani.

Harapannya melalui pemberian bantuan ini predikat Klaten sebagai lumbung pangan nasional bisa dipertahankan, dan bisa mewujudkan Kabupaten Klaten mandiri pangan, sekaligus produktivitas pertanian bisa meningkat dengan optimal.

“Kami mengingatkan, bahwa bantuan ini adalah untuk mengoptimalkan kegiatan pertanian. Jadi alsintan yang sudah dibagikan ini harus benar-benar bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat yang ada di kelompoknya masing-masing, atau kelompuk tetangganya,” jelas Kepala DPKPP Klaten WIDIYANTI.

Menurutnya, selain memberikan kemudahan bagi kelompok taninya, Alsintan juga bisa dikembangkan untuk usaha ekonomi produktif, dengan jalan disewakan peralatannya. Hasilnya selain untuk meningkatkan pendapatan kelompok, juga bisa digunakan untuk biaya pemeliharaan alat.

Selanjutnya Bupati Klaten Sri Mulyani, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPR RI atas bantuan yang diberikan. Menurutnya bantuan ini merupakan wujud nyata perhatian Puan Maharani kepada masyarakat, khususnya petani dan peternak di Kabupaten Klaten.

“Harapannya, dengan bantuan ini, Kabupaten Klaten bisa mempertahankan predikatnya sebagai penyangga pangan nasional,” jelas Sri Mulyani.

Kepada perwakilan penerima bantuan, Bupati berpesan agar memanfaatkan dan merawat alat pertanian dengan baik, mengingat tingginya harga per unit peralatan tersebut.

“Butuh kebersamaan untuk memelihara, merawat, dan memanfaatkan alat-alat yang sudah diberikan. Bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh kelompok (tani) itu saja, tapi bisa untuk kelompok yang lain atau (kelompok) tetangga yang lain, sehingga asas manfaatnya betul-betul bisa maksimal,” tandas Sri Mulyani.

Kemudian bantuan Alsintan yang diberikan sejumlah 19 unit, berupa 3 unit Traktor Roda Empat, 4 unit Hand Tractor Roda Dua, 2 unit Rice Transplanter, 4 unit Cultivator, 1 unit Power Thresher Multiguna Type Mobile, dan 5 unit Combine Harvester Type Besar.

Bantuan lainnya sejumlah 19 paket, berupa 5 paket Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), 2 paket bantuan Bioflok, bantuan Kambing untuk 5 kelompok, dan bantuan Ayam untuk 7 kelompok. ( Red )

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.