banner 468x60

SPKLU Hadir Di Jalur Mudik Boyolali dan Klaten

 News
banner 468x60

Suarapanong.com – Klaten-Boyolali Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran, khususnya memenuhi kebutuhan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN menghadirkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi. Di Kabupaten Boyolali, bagi pemudik yang melintasi tol dapat mengisi daya kendaraan listriknya di kedua rest area 487A dan 487B. SPKLU juga tersedia di kawasan Candi Prambanan, terlebih dengan dibukanya tol fungsional Solo-Yogyakarta, jalur Klaten menjadi pilihan pemudik untuk memangkas waktu.

PLN mencatat, hingga H+7 Idul Fitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi.

Seiring dengan peningkatan transaksi, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idul Fitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan SPKLU jadi salah satu fokus pihaknya saat libur lebaran tahun ini.

“Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (21/4).

Penyediaan SPKLU ini bukan hanya demi kebutuhan saat Idul Fitri, tetapi juga untuk mendukung transisi energi dari kendaraan berbasis bahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Lebih lanjut, Darmawan meyakini melalui pengalaman tahun ini, di tahun depan akan lebih banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Karenanya, dia memastikan  SPKLU yang ada bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.Red

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.