banner 468x60

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (PANDUSAKTI) RSUD Bagas Waras Klaten

 Sosial & Budaya
banner 468x60

 

Suarapamong.com Klaten – RSUD BAGAS WARAS KLATEN Rabu, 16/03/2022 melaksanakan Launching Inovasi Program “Pelayanan Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit  Terintegrasi ( PANDUSAKTI).

Direktur RSUD Bagas Waras dr. Limawan Budi wibowo, M.Kes. menyambut baik kerja sama Inovasi dari Pandusakti ini, dokumen kelahiran (akta lahir, KIA dan KK) dapat langsung diperoleh secara gratis di RSUD Bagas Waras tanpa harus mengurus sendiri ke Disdukcapil Kab. Klaten, pasien hanya perlu menyiapkan dokumen seperti :
a. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
b. Fotocopy surat nikah
c. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
d. Mengisi Formulir

Dokumen Kependudukan yg sudah jadi tersebut bisa diambil dalam 3 (tiga) hari. Turut hadir dalam acara launching tersebut perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Diskominfo Kab. Klaten. Kini usai melahirkan buah hati di Rumah Sakit yang sudah melakukan kerjasama dengan Dukcapil, masyarakat langsung mendapatkan hadiah dokumen lengkap seperti akta kelahiran anak, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK) baru,Terangnya.

Plt Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto usai meluncurkan inovasi Pandusakti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras, mengatakan terhitung sudah ada dua RS yang bekerjasama dengan adanya Pandusakti yakni RSI Klaten dan RSUD Bagas Waras.

“Tadi kita serahkan produk dari kerjasama Pandusakti ini ada tiga orang warga yang melahirkan hari ini di RSUD Bagas waras. Sudah kita serahkan akta kelahiran anaknya, KIA dan perubahan KK. Ini sebagai tindak lanjut kerjasama antara Dukcapil dengan RSUD Bagas Waras, Pelayanan Adminitrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (Pandusakti) ini” ungkapnya

Ia menyebutkan setelah adanya Pandusakti ini lebih memudahkan masyarakat dan semuanya sudah diurus langsung oleh RS secara gratis dan tidak ada biayanya. Kemudian masyarakat tinggal memberikan data, dokumen persyaratan dan nama anak yang baru saja dilahirkan.

“Sehingga ibu dan anaknya pulang sudah membawa dokumen itu. Jadi sangat terbantulah dengan program kita ini (Pandusakti) dari tenaga, waktu ataupun biaya” katanya
Ia menyampaikan Pandusakti ini akan dikembangkan kerjasama dengan Rumah Sakit di seluruh Kabupaten Klaten, Rumah Bersalin, dan kita mendorong sampai ke bidan-bidan. Dalam rangka membantu untuk penyelesaian dokumen-dokumen.

“Harapannya yang sudah berjalan bisa berjalan rutin bagaimana yang sudah diluncurkan tadi (di RSUD Bagas Waras) dan beberapa waktu lalu di RSI. Kalau memungkinkan ada perkembangan kerjasama tidak hanya itu, Akta Kematian dan mungkin untuk identifikasi data pasien akan kita kembangkan. Sehingga rumah sakit akan terbantu, masyarakat akan terbantu” pungkasnya.Red

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply