banner 468x60

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Pangabdian Untuk Negeri

 News
banner 468x60

 

SuaraPamong.com Klaten – Pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2020 wilayah Kodim 0723/Klaten, telah dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Klaten dengan thema TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Pengabdian untuk Negeri oleh Hj Sri Mulyani Bupati Klaten. Selasa (22/09/20)

Kegiatan pembukaan TMMD dihadiri oleh Hj Sri Mulyani Bupati Klaten, Letkol Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro dan Edi Utama, S.H., M.H Kepala Kejaksaan Negeri Klaten serta Drs H Jaka Sawaldi MM Sekertaris Daerah Kab.Klaten

Selain itu tampak hadir pula Dr Ronny Roekminto M.Kes Asisten I / Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten, Mayor Inf Ustadi Rahmad Kasdim 0723/Klaten, AKP Suyadi Kapolsek Kebonarum, Jaka Purwanto S.Sos MM., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Klaten serta Kades Kranggan dan juga Kades Manjung.

Dalam laporannya Lettu Arh Warsono selaku Pasiter Kodim 0723 Klaten menerangkan bahwa, TMMD memiliki sasaran pokok Betonisasi Jalan dengan panjang 500 m, lebar 3 m, tebal. 15 cm, Talud panjang 220 m, tinggi 1 m, lebar 45 cm. Sedangkan sasaran tambahannya berupa RTLH 10 unit, Jamban 5 unit dan Rehab tempat ibadah 1 unit.

Kemudian untuk Karya Bakti memiliki sasaran pokok sasaran pokok Betonisasi jalan panjang 1.000 m , lebar 3 m, tebal 15 m, Talud panjang 300 m, tinggi 1 m, lebar 45 cm. Dengan sasaran tambahan RTLH 10 unit, Jamban 10 unit dan Rehab tempat ibadah 1 unit.

TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2020 dilaksanakan di Desa Kranggan Kecamatan Polanharjo dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar ke 7 dilaksanakan di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten.

Dalam sambutannya Bupati Klaten mengatakan Program TMMD dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama-sama dengan Polri, instansi pemerintah dan masyarakat untuk percepatan pembangunan, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan semangat kebangsaan.

Selain itu juga untuk membangkitkan kesadaran bela negara dan disiplin nasional, menekan timbulnya kerawanan sosial, menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan dalam menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Program TMMD dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar yang telah digelar terbukti memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Klaten, dalam membangun desa, maupun sebagai upaya menghidupkan kembali disiplin dan semangat partisipasi kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan, “ kata Hj Sri Mulyani.

Sementara dalam wawancaranya dengan awak media Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P mengungkapkan bahwa TMMD di laksanakan mulai tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020 dan Karya Bakti mulai 15 September sampai dengan 14 Oktober 2020.

“ TMMD maupun Karya Bhakti merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan menciptakan ruang, alat dan kondisi yang tangguh untuk sistem pertahanan rakyat semesta’ “ kata Dandim Klaten.

Pembukaan TNI dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar yang di laksanakan di Pendopo Kabupaten Klaten karena situasi Pandemi Covid 19 sehingga sesuai protokoler kesehatan. (Pendim Klaten./Yadi )

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.