banner 468x60

Klaten Dapat Bantuan 131 Unit Alat Mesin Pertanian

 News
banner 468x60

SuaraPamong.com KLATEN- Kementerian Pertanian RI memberikan dukungan bagi para petani di Kabupaten Klaten untuk mengoptimalkan hasil pertanian mereka dengan memberikan bantuan sebanyak 131 unit alat mesin pertanian (Alsintan) pra panen dan pasca panen.

Bantuan tersebut yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, didampingi Anggota DPR RI Sunarna, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten Widiyanti, Selasa siang (22/9) di Kantor DPKPP Klaten.

Dihadapan perwakilan kelompok tani di Klaten, Bupati Sri Mulyani meminta agar para petani dapat memanfaatkan bantuan alsintan guna mengoptimalkan hasil pertanian mereka.

“Semoga dengan adanya bantuan Alsintan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama para petani dan kelompok tani di Kabupaten Klaten” Ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani merinci bantuan tersebut meliputi Alsintan untuk pra panen dan pasca panen. Secara total terdapat sekitar 131 unit senilai kurang lebih 8,4 Miliar Rupiah. Tak hanya itu, bantuan berupa pupuk hayati cair senilai 1,9 Miliar.

Alsintan untuk pra panen meliputi traktor roda empat, hand sprayer elektrik, hand traktor roda dua, pompa air, cultivator, rice transplanter. Kemudian untuk pasca panen meliputi power threser dorong, multi type dorong, dan mobile, kemudian corn seller, corn seller type mobile, combine harvester kecil, besar, dan sedang, combine harvester besar multi komoditas dan unit pengolah pupuk organik.

Kepala DPKPP Klaten Widiyanti mengungkapkan bahwa Kabupaten Klaten terkenal sebagai daerah agraris, sekitar 45 persen lebih lahan yang ada di Klaten merupakan lahan pertanian. Terlebih saat ini petani rata-rata berada di atas usia produktif, maka ketersediaan sarana sangat menunjang.

“Sehingga keberadaan dan ketersediaan sarana dan prasarana pertanian sangat dibutuhkan oleh para petani di Kabupaten Klaten guna menunjang produktivitas hasil pertanian mereka” Jelas Widiyanti dalam sambutannya.Red

 

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.