banner 468x60

Pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 Resmi Dilantik PMI Klaten Programkan Pengadaan Alat Medis Pengolahan Darah Sesuai CPOB

 Uncategorized
banner 468x60

Suarapamong.com KLATEN – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten Periode 2022-2027 hasil Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Klaten, Selasa, 11 Oktober 2022, resmi dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sarwa Pramana di Hotel Grand Tjokro Klaten, Rabu, 18 Oktober 2022.

Pelantikan pengurus PMI Klaten dihadiri langsung oleh Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM. Program kerja pengurus PMI Klaten lima tahun ke depan diantaranya memprogramkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Klaten pengadaan alat medis untuk pengolahan darah sesuai sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang ditetapkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, sehingga PMI Klaten mampu melakukan pengolahan darah yang mencapai standar mutu dan keamanan sesuai persyaratan kesehatan yang dianjurkan.

“Alhamdulillah sebelum pelantikan pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 sudah audiensi kepada Bupati Klaten Ibu Hj Sri Mulyani, SM terkait pengadaan alat agar UDD PMI Klaten mampu melakukan pengolahan darah secara mandiri sesuai CPOB. Hasilnya Ibu Bupati Klaten merespon rencana PMI Klaten untuk pengadaan alat pengolahan darah sesuai CPOB,” kata Ketua PMI Klaten Periode 2022-2027, Drs H Purwanto AC, MSi kepada wartawan seusai pelantikan.

Dikatakan, saat ini PMI Klaten dengan dukungan dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM baru mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu melaksanakan pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB. Sehingga pada saatnya nanti saat peralatan medis untuk pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB pengadaannya sudah siap, SDM yang melaksanakan pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB juga sudah tersedia.

“Penyediaan SDM unit donor darah dan pengadaan peralatan medis untuk pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB ini sangat penting, karena kalau PMI Klaten belum bisa melakukan pengolahan darah sesuai CPOB, maka pengolahan darah yang akan digunakan pasien harus dibawa ke PMI Solo, PMI Semarang atau ke PMI Banyumas. Karena di Jateng baru ada tiga PMI tersebut yang bisa mengolah darah sesuai CPOB,” tegas H Purwanto.

Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Klaten mengucapkan selamat kepada pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 yang telah dilantik dan mengucapkan terimakasih kepada Pengurus PMI Klaten Periode 2017-2022 yang telah melaksanakan tugas dengan baik. “Pemkab Klaten juga menyambut baik rencana PMI Klaten yang memprogramkan untuk melengkapi Unit Donor Darah dengan peralatan medis yang mampu mengolah darah sesuai CPOB,” katanya.

“Harganya saya kira cukup 500 juta saja, ini alat untuk mengolah darah sesuai ketentuan CPOB harganya Rp2 miliar. Maka semoga bisa dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2023 yang akan datang,” kata Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM seraya menyatakan, “Apalagi Ketua Dewan Kehormatan PMI Klaten, Pj Sekda Klaten, Bapak Jajang Prihono, Insya Allah bisa terwujud karena untuk melayani kebutuhan darah sesuai standar kesehatan bagi rakyat Klaten.

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana dalam sambutannya mengapresiasi semangat pengurus PMI Kabupaten Klaten untuk pengadaan alat medis guna pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB, sehingga dapat cepat melayani kebutuhan darah masyarakat. PMI Klaten juga dapat memprogramkan peningkatan Poliklinik menjadi rumah sakit bekerjasama dengan Pemkab Klaten, maupun pembangunan poliklinik di kecamatan yang masih kekurangan layanan kesehatan.

PMR Sekolah
Ketua PMI Klaten, Drs H Purwanto AC, MSi pada kesempatan tersebut juga menjelaskan, program kerja PMI Klaten lainnya untuk lima tahun ke depan diantaranya menggerakkan kembali Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, hingga SMA/SMK. Tujuannya melatih sejak dini anak-anak agar muncul dan tumbuh rasa kemanusiaannya seperti peduli sesama, suka menolong dan siaga bencana.
“Pembina PMR sudah kita siapkan, sehingga nantinya para pembina PMR akan terus melakukan sosialisasi tentang PMR. Sehingga anak-anak nantinya aktif di kegiatan PMR. Kemudian untuk masyarakat juga disiapkan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat). Ini penting karena Klaten ranking 4 se Jawa Tengah dalam hal potensi bencana alam,” katanya.

Pengurus PMI Klaten yang dilantik terdiri dari Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027. Dewan Kehormatan PMI Klaten masing-masing Ketua Jajang Prihono, SSTP (Pj Sekda Klaten) dengan 4 anggota yakni Dr Wardani Sugiyanto, MPd, Drs Moch Nasir, MM, Muh Himawan Purnomo, SSTP, Msi dan H Bambang Sulistyanto, SSos.

Kemudian jajaran pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 yang dilantik terdiri dari Pelindung: Bupati Klaten, Ketua: Drs H Purwanto AC, MSi, Ketua Bidang Organisasi SDM, PSD dan Infokom: Tulus Yunianto, ST, SE, Wakil Ketua Bidang Organisasi SDM, PSD dan Infokom: Wahyu Sugiharja, SPd, MM, Ketua Bidang PB, Diklat, Pembinaan Relawan dan PMR: Raharjo Budi Setiyono, SSos, MSi, Wakil Ketua Bidang PB, Diklat, Pembinaan Relawan dan PMR: Kamidi, SPd, MPd, Ketua Bidang Kesehatan dan UDD: dr Andi Markoco, Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan UDD: Edi Sutopo, SPd.

Kemudian Sekretaris: Agus Suprapto, SSos, MSi, Wakil Sekretaris: Sumariyata, SPd, Bendahara: Yuli Budi Susilowati, SH, MH dan Wakil Bendahara: Titin Windiyarsih, SPd, MPd. Acara pelantikan pengurus PMI Klaten periode 2022-2027 yang dimulai pukul 09.35 WIB sampai sekitar pukul 10.45 WIB tersebut, juga dihadiri Forkopimda Klaten, perwakilan pengurus PMI se Solo Raya, jajaran camat se Klaten, Ketua PMI kecamatan se Klaten dan perwakilan relawan dari SAR, ORARI dan RAPI Klaten.Red/Widi

(Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Klaten)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply