banner 468x60

Gubernur Jateng Rencanakan Simulasi Cara Mengungsi Baik Manusia dan Hewan Ternak, Kesiapsiagaan Gunung Merapi

 News
banner 468x60

 

Suarapamong.com_Klaten Sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi dampak meningkatnya aktivitas Gunung Merapi, maka Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo, SH, MIP merencanakan untuk menggelar simulasi cara mengungsi bagi warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi di tiga Kabupaten masing-masing Kabupaten Klaten, Magelang dan Kabupaten Boyolali. Simulasi cara mengungsi baik untuk orang maupun hewan ternak warga akan menggandeng perguruan tinggi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan relawan sebagai tim teknis dan tim supervisi.

Pernyataan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo tersebut disampaikan kepada wartawan seusai meninjau langsung Pos Pantau Gunung Merapi yang menempati rumah Agus Sarnyoto di Dukuh Sukorejo, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu pagi, 8 Juli 2020 pukul 09.20 WIB. Pos Pantau Gunung Merapi tersebut dilengkapi perangkat komputer yang terhubung dengan Closed Circuit Television (CCTV) dan sinyal seismograf yang bisa memantau langsung perkembangan Gunung Merapi.

Kunjungan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo di lereng Gunung Merapi Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten didampingi sejumlah pejabat antara lain Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana dan sejumlah pejabat lainnya.

Turut menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah di Kemalang antara lain Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Drs H jaka Sawaldi MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Sip Anwar SE MSi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Ir Tajudin Akbar dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Klaten Sri Hadi, Kabag Pembangunan Fadzar Indriawan SSos, MSi dan Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Klaten Muh Anwar Shodiq SE ST MT. Kemudian juga disambut Camat Kemalang Budi Prasetya serta jajaran Muspika Kecamatan Kemalang, Kades Balerante Sukono, Kades Sidorejo Gothot Winarso dan Kades Tegalmulyo Sutarno serta para perangkat desa dan relawan.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo mengatakan, masyarakat agar selalu siaga, untuk itu pemerintah harus menyiapkan masyarakat selalu siaga. Maka salah satunya dilakukan dengan latihan simulasi mengungsi yang baik, kalau ada erupsi atau kegempaan maka warga harus mengugsi tapi sekarang ada covid-19, maka PR-nya tambah.

Maka dari itu, kata Ganjar Pranowo, perlu simulai cara mengungsi dan shelternya juga harus baik dengan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat mau untuk mengungsi dan hewan ternaknya juga masuk simulai, sehingga masyarakat hatinya nyaman. Karena, lanjut Ganjar Pranowo, pengalaman kalau yang mengunsgi hanya orangnya dan ternaknya ditinggal di rumah maka merangsang orang balik ke rumah dan itu sangat bahaya. Sehingga ternaknya juga harus diungsikan karena itu rojo brononya masyarakat.

Untuk pelaksanaan simulasi, Gubernur Jawa Tengah menyatakan, akan melibatkan teknisi supervisi dari BNPB, TNI/Polri, relawan, aktivis kebencanaan, sehingga menjadi model percontohan dan semua bisa belajar bersama. Kemudian dari perguruan tinggi juga bisa mengatur stok pangan ternaknya dan semua disiapkan, prosedurnya disiapkan dan masyarakat bisa belajar bersama.

Setelah meninjau Pos Pantau Gunung Merapi di Dukuh Sukorejo, Desa Balerante, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo melanjutkan mengecek jalur evakuasi di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Gubernur Ganjar sempat melewati jalan rusak parah yang berada di depan Pesanggrahan Paku Buwono (PB) X di Desa Sidorejo. Kemudian Gubernur Jateng melanjutkan ke Desa Tegalmulyo, Kemalang untuk mengecek titik kumpul yang menempati gedung pertemuan Desa Tegalmulyo yang berada di depan Balai Desa Tegalmulyo.

Setelah itu Gubernur Jateng dan rombongan mengecek jalur evakuasi yang ada di Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang. Tepat berada di Dukuh Margomulyo RT 08 RW 04, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang sekitar pukul 11.19 WIB, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berhenti dan turun dari mobil untuk melihat langsung jalan rusak di lokasi tersebut. Untuk pembangunan jalur evakuasi yang menghubungkan Desa Tangkil dan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membantu Rp14 miliar. Setelah itu Gubernur Jateng mengakiri kunjungan di Kabupaten Klaten.

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.